Profil Kantor

Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin dulunya lebih dikenal dengan nama Kantor Imigrasi Kelas II Kotabaru adalah sebuah pos Imigrasi yang berlokasi di Kotabaru dibawah wilayah Kantor Imigrasi Banjarmasin. Pesatnya perkembangan pembangunan saat itu di Kalimantan Selatan, khususnya di Kabupaten Kotabaru dipandang perlu didirikan Kantor Imigrasi baru demi kelancaran pelaksanaan tugas Keimigrasian dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di daerah tersebut. Maka melalui Surat Keputusan Menteri Kehakiman RI Nomor : M.01–PR.07.04 Tahun 1986 tentang Perubahan Keputusan Menteri Kehakiman RI Nomor : M.02–PR.07.04 Tahun 1983 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Imigrasi di lingkungan Kantor Wilayah Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia, sehingga terbentuklah Kantor Imigrasi Kelas III Kabupaten Kotabaru. Dan pada tahun 2006 Kantor Imigrasi Kelas III Kotabaru naik kelas menjadi Kelas II sesuai dengan Keputusan Menteri Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor : M.01-PR.07.04 Tahun 2006 Tentang Peningkatan Kelas Kantor Imigrasi Dari Kelas I Menjadi Kelas I Khusus dan Kantor Imigrasi Kelas III Menjadi Kelas II.

Pada tahun 2006 dan 2007 mulai dibicarakan perencanaan pembangunan gedung Kantor Imigrasi Kelas II Kotabaru di Batulicin, Tanah Bumbu. Pada tanggal 12 DESEMBER 2007 dibawah pimpinan Bpk. LUMAKSONO,SH.,MH pembangunan gedung baru di batulicin sudah terlaksana dan pada tanggal 08 JULI 2008 pembangunan gedung baru sudah selesai. Pembangunan gedung tersebut menelan anggaran biaya sebesar Rp.2.708.500.000,- (dua milyar tujuh ratus delapan juta lima ratus ribu rupiah) sesuai DIPA Nomor: 0025.0/013-01.01//XVIII/2007. Kemudian pada tahun 2009 dibawah pimpinan Bpk. NANA RESMANA,SH pengurusan Surat menyurat mengenai sertifikat tanah dan bangunan baru di Batulicin mengalami kendala. Berselingnya waktu sampai penggantian kepala kantor yang baru yaitu Bpk. PRIA WIBAWA, SH., dibawah pimpinan beliau serta dorongan Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Keimigrasian Bpk. WAHYUDIN segala urusan surat menyurat tentang sertfikat tanah dan lainnya terselesaikan. Kemudian pada tanggal 24 Februari 2014 Kantor Imigrasi Kelas II Kotabaru di Batulicin mulai beroperasional di gedung kantor yang baru. Pada tanggal 21 Maret 2014 Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi Bpk. IDA BAGUS K. ADNYANA, SH.,MH melakukan kunjungan kerja ke Kantor Imigrasi Kelas II Kotabaru di Batulicin dalam rangka uji kelayakan, dan pada saat itu pula beliau mengusulkan untuk perubahan Nomenklatur Kantor Imigrasi Kelas II Kotabaru menjadi Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin.

Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : M.HH.03.OT.01.02 Tanggal 3 Juli 2014, Tentang Perubahan Kelima atas Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia Nomor : M.03-PR.07.04 Tahun 1991 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Imigrasi, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor : M.01-PR.07.04 Tahun 2006, Tentang Peningkatan Kelas Kantor Imigrasi dari Kelas 1 Menjadi Kelas 1 Khusus dan Kantor Imigrasi Kelas 3 Menjadi Kelas 2, dalam daftar Kantor Imigrasi di Lingkungan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, maka pada tanggal 25 November 2014, diresmikannya Perubahan Nomenklatur Kantor Imigrasi Kelas II Kotabaru menjadi Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Imigrasi Teuku Sjahrizal, SE didampingi Kepala Kantor Wilayah Yunaedi, Bc.IP., S.H., M.H dan Para Kepala Divisi Kemenkumham Kalsel. Plt. Dirjenim pada acara peresmian dimaksud didampingi oleh Direktur Penyidikan dan Penindakan Keimigrasian Drs. Mirza Iskandar; Direktur Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Friement Fransman Sunggul Aruan, SH., MH.; Direktur Dokumen Perjalanan, Visa dan Fasilitas Keimigrasian Maryoto Sumadi, M.S., SH., MH dan Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Rochadi Iman Santoso, SH., MH, turut serta Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil DKI Jakarta Sulistiyono. Setelah diresmikan, kini Kantor Imigrasi Kelas II Kotabaru resmi menjadi Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin. Pada kesempatan itu juga, mendapat sambutan dari Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming yang dalam sambutannya mengatakan menyambut baik dan gembira dengan akan diresmikannya Kantor Imigrasi Kelas II Kotabaru menjadi Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin.

Kantor Imgrasi Kelas II Batulicin terletak di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Sebagai salah satu kabupaten dari 13 kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Tanah Bumbu merupakan pemekaran dari Kabupaten Kotabaru yang ditetapkan berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2002 tanggal 20 Maret 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Letaknya persis di ujung tenggara Pulau Kalimantan, tepatnya terletak diantara 2052’ – 3047 LS dan 115015’ – 116004 BT. Kabupaten Tanah Bumbu memiliki luas wilayah sekitar 5.066,96 km2 (506.696 ha) atau 13,50 % dari total luas Provinsi Kalimantan Selatan dan berpenduduk sekitar 300.000 jiwa.

Akses transportasi yang dapat ditempuh untuk sampai ke daerah ini cukup mudah apabila dibandingkan dengan daerah-daerah lain di sekitarnya. Dari Banjarmasin ke Batulicin dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih setengah jam menggunakan pesawat terbang dan lima jam melalui jalan darat. Banyaknya perairan di sekitar daerah ini membua Tanah Bumbu memiliki puluhanpelabuhan khusus untuk keperluan pengapalan batubara, biji besi dan kelapa sawit.

Seiring berkembang Kabupaten Tanah Bumbu, semakin banyak lalu lintas Warga Negara Asing yang datang ke wilayah ini. Demikian pula, peningkatan kesejahteraan di wilayah ini mendorong Warga Negara Indonesia pergi ke luar negeri untuk tujuan wisata, umroh/naik haji maupun mengadu nasib di negeri seberang. Untuk memfasilitasi hal-hal yang berhubungan dengan keimigrasian, dan mendorong perkembangan perekonomian maupun investasi di daerah Tanah Bumbu, imigrasi hadir dengan nama Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin yang beralamat di Jalan Poros Dharma Praja Gunung Tinggi, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan selatan.

Keberadaan Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin tentu saja mendapat sambutan yang cukup baik dari lembaga pemerintah dan masyarakat sekitar, karena berarti masyarakat yang sebelumnya harus ke Banjarmasin untuk membuat paspor, kini sudah bisa mengajukan permohonan paspornya di daerahnya sendiri. Untuk memfasilitasi semua kebijakan pemerintah setempat bahwa tidak hanya paspor, kami juga memfasilitasi ijin tinggal para Warga Negara Asing yang ada di Tanah Bumbu serta melakukan pengawasan terhdapa keamanan dan pelanggaran Warga Negara Asing. Sebagaimana motto Kabinet Kerja saat ini, yaitu kerja, kerja dan kerja, maka kehadiran imigrasi di Kabupaten Tanah Bumbu diharapkan dapat memeberikan pelayanan prima terkait keimigrasian kepada Warga Negara Indonesia dan juga memberikan pelayan prima dalam hal memfasilitasi ijin tinggal Warga Negara Asing serta melakukan pengawasan terhadap keamanan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Dan juga diharapkan dapat berperan aktif memberikan kontribusi di dalam pelaksanaan pembangunan, perkembangan ekonomi maupun investasi sehingga kemajuan di daerah ini dapat dicapai dengan sebaik-baiknya.