Imigrasi Batulicin Ikuti Pengarahan Dirjen Imigrasi tentang Layanan Keimigrasian di Era Kenormalan Baru (New Normal)

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Gelora Nusantara dan jajaran mengikuti pengarahan dari Direktur Jenderal Imigrasi, Jhoni Ginting tentang Layanan Keimigrasian di Era Kenormalan Baru (New Normal) melalui media teleconference pada hari Kamis (04/06/2020) di ruang rapat Kanim Batulicin.

Jhoni Ginting menyampaikan bahwa menindaklanjuti arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, mulai tanggal 5 Juni 2020 seluruh ASN Kementerian Hukum dan HAM melaksanakan tugas kedinasan baik di Kantor (Work From Office) maupun di rumah/tempat tinggal masing-masing (Work From Home) sesuai hari dan jam kerja yang telah ditetapkan. Dalam pelaksanaan tugasnya, seluruh pegawai diwajibkan memakai baju seragam lengan panjang dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Lalu Lintas Keimigrasian, Cucu Koswala juga menjelaskan pelayanan keimigrasian di masa new normal. Seluruh petugas dan pemohon wajib menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Sebelum memasuki ruangan kantor petugas dan pemohon wajib mencuci tangan dan diukur suhu tubuhnya menggunakan thermo gun. Alat Perlindung Diri (APD), fasilitas sanitasi (tempat cuci tangan, sabun cair dan hand sanitizer) juga harus disiapkan. Selain itu penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan kantor harus dilakukan secara berkala.

Cucu juga menghimbau agar di setiap Kantor Imigrasi dilakukan pemasangan tirai sekat transparan antara petugas dan pemohon. Dan selama new normal, kuota Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online hanya dibuka 50% dari kuota normal. Lalu sarana dan prasarana diatur dengan tetap menerapkan physical distancing untuk mengurangi penumpukan pemohon di ruang layanan.

Direktur Sistem Teknologi Keimigrasian, Agato Simamora menyampaikan bahwa akan ada perubahan beberapa aplikasi izin tinggal agar tidak ada penumpukan pemohon di kantor imigrasi dan meminta kepada Kepala Kantor Imigrasi agar menempatkan petugas IT sesuai dengan keahliannya.

Selanjutnya, Direktur Izin Tinggal Keimigrasian, Bambang Widodo menegaskan bahwa selama new normal, fungsi customer service di Unit Pelaksana Teknis harus dioptimalkan dan jangan ada yang memanfaatkan celah kelemahan kesisteman dalam pelayanan.

Menutup acara, Jhoni Ginting mencetuskan sebuah slogan unik yakni “DAWN OF A NEW DAY”. Dengan maksud ajakan kepada seluruh jajaran Imigrasi untuk menyongsong era baru dengan semangat baru. Pesan beliau “Jangan pernah lelah bekerja, tingkatkan kredibilitas dan gapai apresiasi dari masyarakat. Pimpinan akan terapkan merit sistem bagi jajaran imigrasi yg komitmen dan konsisten!”

Ed: M.R. Yulham

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s