Ini Capaian Kinerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Tahun 2019

Dalam rangka mewujudkan transparansi dan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Gelora Nusantara menyampaikan capaian kinerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin selama tahun 2019. Adapun capaian kinerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin selama tahun 2019 sebagai berikut :

Untuk pelayanan Warga Negara Indonesia, telah diterbitkan paspor 48 halaman sebanyak 3584 paspor. Jika dibandingkan dengan jumlah penerbitan paspor di tahun 2018 maka terjadi penurunan sebesar 10,28%.

Untuk Izin Tinggal, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin telah menerbitkan (transaksi) Izin Tinggal yang terdiri dari Izin Tinggal Kunjungan (ITK) sebanyak 51, Izin Tinggal sementara (ITAS) sebanyak 62.

Data perlintasan jumlah orang/crew yang melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kotabaru selama tahun 2019 berjumlah 26.016 orang dengan rincian jumlah kedatangan sebanyak 789 Warga Negara Indonesia (WNI) dan 10.724 Warga Negara Asing). Sedangkan untuk jumlah keberangkatan sebanyak 812 WNI dan 13.691 WNA.

Dalam upaya untuk meningkatkan pengawasan keimigrasian terhadap warga negara asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin telah dibentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru serta TIMPORA di seluruh kecamatan yang ada di kedua kabupaten tersebut.

Dalam hal penegakan hukum keimigrasian, telah dilakukan Tindakan Administratif Keimigrasian berupa deportasi terhadap 2 (dua) orang warga negara asing yang terdiri atas satu orang warga negara China dan satu orang warga negara Malaysia.

Untuk memberikan informasi tentang keimigrasian kepada masyarakat telah dilakukan penyebaran informasi keimigrasian melalui Radio Bersujud Tanah Bumbu dan media sosial (facebook, instagram, twitter). Telah dilakukan pemasangan Baliho yang berisi informasi keimigrasian dimana dalam hal ini Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin juga memberikan pengetahuan keimigrasian kepada siswa-siswi SMK Negeri 2 Simpang Empat melalui acara Immigration Goes To School yang dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2019.

Kantor Imigrasi Batulicin juga memiliki media informasi yakni Midomidi.com. Weblog Midomidi.com merupakan proyek perubahan yang digagas oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Gelora Nusantara dalam rangka meningkatkan kemampuan jurnalisme pegawai sehingga seluruh pegawai dapat menjadi humas bagi institusinya. Weblog midomidi.com berisi informasi seputar isu-isu aktual dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin.

Editor: Ketut Satria Widasmara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s