Imigrasi Batulicin akan terapkan strategi Corporate University

Kepala kantor imigrasi Batulicin, Gelora Nusantara, pada jumat (6/12) menghadiri sosialisasi pengembangan kompetensi SDM melalui strategi Kemenkumham Corporate University di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan ini Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan, Bpk. Agus Toyib menjelaskan bahwa pada tahun 2019 ini telah dicanangkan Kementerian Hukum dan HAM RI sebagai Corporate University, atau disingkat CORPU.

Strategi Kemenkumham Corpu pada intinya adalah menjadikan seluruh satuan kerja di Kemenkumham sebagai organisasi pembelajaran. Dengan membentuk budaya belajar, baik melalui pembelajaran terstruktur (structured learning), proses pembelajaran dari sesama pegawai (learning from others), maupun melalui proses pembelajaran dengan pemberian pengalaman bekerja (learning from experiences), diharapkan seluruh jajaran Kemenkumham meningkatkan pencapaian sasaran kinerja organisasi.

Strategi Corpu ini dilaksanakan dengan menghubungkan dan menyandingkan (link and match) 3 proses sekaligus yaitu: proses pembelajaran; proses pengelolaan kompetensi SDM; dan proses pencapaian sasaran kinerja organisasi. Strategi Corpu ini merupakan bagian dari perwujudan transformasi SDM Kemenkumham unggul.

Gelora mengatakan bahwa Kantor Imigrasi Batulicin akan mendukung strategi ini. “Mayoritas pegawai kami berusia muda, seharusnya tidak sulit membentuk budaya belajar” ujarnya.

Selanjutnya Gelora menegaskan bahwa, selama ini ia telah memulai budaya diskusi dan sharing di lingkungan Kanim Batulicin baik dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah. ‘Ini sudah menjadi modal dasar bagi Kanim Batulicin untuk dapat melaksanakan strategi corpu ini dengan baik’, pungkas Gelora.