Pemetaan Kompetensi dan Penyusunan Talent Pool melalui Uji Kompetensi (Assessment)

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan semakin besarnya tuntutan masyarakat harus direspon dengan cepat. Untuk itu kompetensi pegawai harus terus ditingkatkan untuk menghadapi perubahan tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Dr.Bambang Rantam Sariwanto dalam sambutannya saat membuka Assessment Pejabat Pengawas khususnya Pejabat Teknis Keimigrasian di Hotel Vasa, Surabaya pada hari Kamis (3/10/2019).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 90 peserta dari seluruh Indonesia dan berlangsung selama empat hari dari tanggal 02 s.d 05 Oktober 2019. Salah satu peserta yang hadir adalah Kepala Seksi Teknologi, Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Ketut Satria Widasmara.

Metode assessment tersebut terdiri dari tes tertulis (psikotes dan studi kasus) dan wawancara. Pada hari pertama para peserta diwawancarai oleh asesor terkait dengan manajerial. Lalu pada hari kedua para peserta diberikan tes tertulis yang terdiri atas psikotes dan studi kasus. Dan di hari ketiga dilakukan wawancara teknis oleh tim penguji teknis.

Tujuan dari assessment adalah untuk mengetahui potensi dan kompetensi dari peserta. Dari assessment tersebut dapat diperoleh database profil pegawai berdasarkan kompetensi, kualifikasi dan potensi yang dimiliki sehingga dapat dilakukan pemetaan kompetensi dan talent pool.

Dari database itu nantinya para peserta tersebut akan ditempatkan pada jabatan yang sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Selain itu juga melalui database profil pegawai tersebut dapat dilakukan pengembangan sumber daya pegawai secara tepat, efektif, efisien demi peningkatan kinerja organisasi.

Editor: Ketut Satria Widasmara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s