Konsultasi Implementasi Kebijakan dan Peraturan: Menggali Masukan dan Membuka Ruang Diskusi

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Gelora Nusantara, menghadiri kegiatan Konsultasi Implementasi Kebijakan dan Peraturan Direktorat Jenderal Imigrasi  TA 2019 di Hotel The Trans Resort Bali. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, 25-27 September 2019, dengan diikuti oleh seluruh kepala kantor imigrasi seluruh Indonesia terkecuali kantor imigrasi di wilayah Jabodetabek.

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Bali, Bapak Sutrisno, yang pada sambutannya menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun masukan dan gagasan serta untuk membuka  ruang diskusi terhadap kebijakan dan peraturan Direktorat Jenderal Imigrasi. Untuk itu, Sutrisno mengajak seluruh peserta untuk aktif mendiskusikan terutama mengenai 2 isu utama yaitu: pertama mengenai Terbitnya Peraturan Pemerintah yang baru yang mengatur tentang besaran nilai PNBP di lingkungan kementerian Hukum dan HAM; dan kedua, terkait pengembangan kelembagaan kantor imigrasi.

Adapun sesuai dengan PP Nomor 28 tahun 2019 tentang Jenis dan tarif atas jenis PNBP yang berlaku pada Kemenkumham, terdapat beberapa kenaikan tarif pada beberapa layanan keimigrasian. Sutrisno menegaskan bahwa masih diperlukan pengaturan pelaksanaan dan SOP yang baru, karena perubahan ini ada yang berdampak pada berubahnya pelayanan di keimigrasian, dan pada akhirnya harus juga dipikirkan bagaimana kaitannya dengan upaya penguatan kelembagaan terutama kantor-kantor imigrasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Batulicin beserta peserta konsultasi lainnya

Kegiatan konsultasi juga diharapkan dapat menggali masukan yang berharga bagi direktorat Jenderal Imigrasi mengenai tantangan dan hambatan yang aktual di lapangan, tentang pelayanan dan pengawasan keimigrasian. Dimana, pada tahun ini juga sedang dilakukan pembahasan Renstra Direktorat Jenderal Imigrasi 2020-2024, dan diharapkan masukan-masukan ini dapat memperkaya bahan pembahasan renstra tersebut di Direktorat Jenderal Imigrasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s