Optimalisasi Penegakan Hukum Keimigrasian melalui Perjanjian Kerjasama

Sejalan dengan meningkatnya kejahatan internasional atau tindak pidana transnasional, seperti perdagangan orang, penyelundupan manusia dan tindak pidana narkotika yang banyak dilakukan oleh sindikat kejahatan internasional yang terorganisasi, pengawasan terhadap Orang Asing (OA) perlu lebih ditingkatkan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) bekerjasama dengan Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri perihal pengawasan terhadap OA. kerjasama ini telah di formilkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama antara Ditjen Imigrasi Kemenkumham dengan Baintelkam POLRI, Nomor: B/70/IX/2017; IMI-UM.01.01-3075 tahun 2017 tentang Kerjasama dalam Pengawasan Orang Asing.

Pada hari Senin tanggal 26 Agustus 2019, dilakukan Sosialisasi Perjanjian Kerjasama Ditjen Imigrasi dengan Baintelkam Polri tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Golden Tulip Galaxy Hotel, Banjarmasin.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Gelora Nusantara didampingi Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Anggoro Widy Utomo, Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian, Dody Cindur Mato, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Ketut Satria Widasmara serta Kepala Sub Seksi Intelijen Keimigrasian, Tedy Wibisono menghadiri acara tersebut.

Hadir juga dalam acara tersebut Kabaintelkam Polri, diwakili Kabid Kerma Baintelkam Polri, Kombes Pol. Ahmad Kartiko, Sik., SH., MH., Wakapolda Kalimantan Selatan, Brigjen Pol. Drs Aneka Pristafuddin dan Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Bambang Widodo.

Dalam sambutannya, Kabid Kerma Baintelkam Polri membahas tentang landasan dasar terbentuknya perjanjian kerjasama tentang pengawasan OA. Selain itu, Beliau juga membahas tentang isu-isu terkait Tenaga Kerja Asing di Morowali, masuknya para pengungsi (refugee), Foreing Terorist Fighter (FTF), kejahatan cyber dan tindak pidana umum.

Hadir sebagai narasumber, Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Bambang Widodo, membahas tentang kewaspadaan nasional.

Untuk meningkatkan pengawasan terhadap OA dan penegakan hukum keimigrasian, diperlukan kerjasama yang baik dan harmonis antar instansi yang memiliki kewenangan dan fungsi pengawasan terhadap OA.

“Untuk mengoptimalkan penegakan hukum keimigrasian, Kantor Imigrasi Batulicin siap mendukung perjanjian kerjasama ini.” Ujar Gelora.

Editor : Anggoro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s