Kanim Batulicin dan Kejari Tanah Bumbu Bahas Gakkum Keimigrasian dan PAKEM

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Gelora Nusantara didampingi Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Kasi Inteldakim), Anggoro Widy Utomo Kepala Sub Seksi Intelijen Keimigrasian (Kasubsi Intelkim), Tedy Wibisono dan Kepala Seksi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian (Kasi Lalintalkim), Dody Cindur Mato melakukan kunjungan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanah Bumbu pada Selasa (20/8/2019). Kunjungan itu diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu, Dede Sutisna.

Gelora mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka melakukan koordinasi dengan Kejari Tanah Bumbu terkait penegakan hukum Keimigrasian. “Penyalahgunaan izin tinggal masih kerap terjadi di wilayah kerja Kanim Batulicin. Oleh karena itu pelaku yang melanggar hukum Keimigrasian harus diberikan tindakan tegas, bukan hanya dengan mendeportasi pelaku, tetapi juga dengan menyidik dan menyeret pelaku sampai ke tingkat pengadilan” kata Gelora. Gelora berharap melalui pertemuan ini permasalahan yang terjadi terkait penegakan hukum Keimigrasian di Kanim Batulicin dapat diatasi.

Dalam pertemuan tersebut dibahas juga perkembangan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan di Indonesia khususnya Kabupaten Tanah Bumbu. Kabupaten Tanah Bumbu merupakan wilayah yang sering dikunjungi oleh jamaah tabligh dari luar negeri dalam rangka melakukan dakwah atau syiar agama. Walaupun tujuannya dakwah namun kegiatan tersebut tetap harus tetap mendapatkan pengawasan dari instansi terkait. Pengawasan orang asing oleh pihak imigrasi dilakukan melalui pemeriksaan dokumen Keimigrasian dan izin tinggal yang dimiliki orang asing tersebut.

Sementara untuk kegiatan orang asing jamaah tabligh tersebut juga dilakukan oleh seluruh instansi terkait. Seperti yang dilakukan juga oleh TIM PAKEM (Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat) dimana Kejaksaan menjadi leading sector dalam pengawasan ini. Pengawasan ditekankan pada ajaran aliran kepercayaan atau aliran keagamaan yang dianggap menyimpang dan meresahkan masyarakat. Tujuannya adalah menjaga ketertiban dan ketentraman umum.

“Kanim Batulicin siap berbagi informasi dan membantu Kejari Tanah Bumbu dalam mengawasi aliran kepercayaan dan aliran keagamaan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara demi terciptanya keamanan dan ketertiban di Kabupaten Tanah Bumbu, ujar Gelora.

Editor : Anggoro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s