Kanim Batulicin Dikunjungi Tim Badan Pemeriksa Keuangan RI

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin (Kanim Batulicin) mendapat kunjungan dari Tim BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) selama dua hari.

BPK tiba di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin pada hari Rabu (6/8/2019) pukul 08.00 WITA. Kedatangan BPK dalam rangka Pemeriksaan atas Pelaksanaan Anggaran kegiatan Belanja Barang dan Belanja Modal Tahun Anggaran 2018 dan 2019 (Semester I).

Pemeriksaan ini merupakan bagian kegiatan Tim BPK di jajaran Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan selama 40 hari kedepan. Pemeriksaan ini tidak hanya dilakukan pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin saja tetapi BPK juga melakukan pemeriksaan pada Unit Pelaksana Teknis lain yang ada di Kalimantan Selatan.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk menilai kewajaran dan pengujian terhadap laporan pelaksanaan anggaran kegiatan belanja barang dan belanja modal selama Tahun Anggaran 2018 dan 2019 (semester I) guna mendapat opini BPK.

Opini adalah pendapat profesional pemeriksa atas kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan. Kriteria atas pemberian opini tersebut adalah kesesuaian terhadap penyajian laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi pemerintah, pengungkapan yang memadai, efektivitas sistem pengendalian internal, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Selama pemeriksaan berlangsung, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin berupaya sebaik mungkin untuk mempersiapkan segala kelengkapan data dukung yang akan diperiksa serta memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Tim BPK. Sehingga diharapkan pemeriksaan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Terkait Pemeriksaan BPK ini, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Gelora Nusantara mengingatkan seluruh pegawai untuk sekaligus memanfaatkan momen ini untuk pembelajaran dan perbaikan. Gelora menambahkan bahwa mayoritas pegawai Kantor Imigrasi Batulicin masih sangat muda-muda, dan pemeriksaan ini merupakan pengalaman yang berharga untuk peningkatan kinerja.

Di akhir pemeriksaan, Tim BPK memberikan beberapa masukan konstruktif untuk Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin agar kedepannya Kanim Batulicin lebih baik lagi dalam hal pelaksanaan Anggaran.

Editor: G. Nusa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s