Imigrasi Batulicin Sambangi Kampung Bali Melalui Pelaksanaan TUSI

Hai Sobat Mido Midi ada yang sudah tahu blom kalau di Tanah Bumbu juga ada Kampung Bali, TIM Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin melaksanakan kegiatan rutin pemantauan dan pengawasan orang asing pada hari Kamis (1/8/2019). Kegiatan ini dilaksanakan di Kampung Bali tepatnya di Desa Mustika, Kecamatan Sei Loban, Kabupaten Tanah Bumbu.

Desa Mustika merupakan wilayah yang mayoritas masyarakatnya beragama Hindu. Masyarakat di Desa ini sangat menjunjung tinggi nilai toleransi antar umat beragama, sebagai salah satu bentuk toleransi antar umat beragama di sana dapat dilihat dari diterimanya kegiatan dakwah di Masjid Al Hijrah yang terletak di Desa tersebut. Dimana pada waktu itu terdapat sepuluh (10) orang Jamaah Tabligh berkewarganegaraan Pakistan yang sedang melakukan dakwah disana.

Salah satu tugas dari TIM Inteldakim Kanim Batulicin adalah melakukan pengawasan terhadap orang asing yang berada di wilayah kerjanya, untuk terciptanya suasana yang tertib, aman, dan nyaman dalam rangka melaksanakan tugas TIM melakukan pemeriksaan Administrasi Keimigrasian dan keabsahan penjamin Jamaah Tabligh tersebut.

TIM Inteldakim Kanim Batulicin bersama Jamaah Tabligh Berkewarganegaraan Pakistan

Pemeriksaan yang dilakukan diantaranya Dokumen Keimigrasian berupa Paspor, Visa dan Izin Tinggal. Selain itu, TIM juga memeriksa dokumen lainnya yang berkaitan dengan keberadaan serta kegiatan dari orang asing dimaksud.

Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, diketahui seluruh Jamaah Tabligh yang berasal dari Pakistan tersebut dalam keadaan tertib administrasi. Izin Tinggal yang mereka gunakan adalah Izin Tinggal Kunjungan dan untuk keberadaan juga kegiatannya telah sesuai dengan peruntukannya. 

Nah Sobat Mido Midi, Kampung Bali di Desa Mustika selain memberikan nuansa Bali yang kental dengan etnik budayanya, juga mengajarkan kita tentang arti pengamalan toleransi. Hal ini patut diapresiasi serta bisa kita amalkan di lingkungan tempat tinggal sekitar kita.

Editor : Anggoro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s