Kanim Batulicin Sosialisasikan Politeknik Imigrasi

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin melakukan sosialisasi Politeknik Imigrasi (Poltekim) melalui talkshow di Radio Swara Bersujud, Tanah Bumbu, Rabu, 24 Juli 2019. Empat taruna Poltekim yang saat ini sedang melakukan praktek kerja lapangan di Kantor Imigrasi Batulicin menjadi narasumber dalam talkshow itu. Keempat taruna itu adalah Muhammad Rizal asal Pacitan, Depriyan Dermawan (Jakarta Selatan), Jonathan Marcopolo (Tangerang), dan Robin (Tangerang).

Di awal talkshow, Robin memperkenalkan Politeknik Imigrasi. Dia juga memberi tahu persyaratan umum, tata cara pendaftaran, tahapan tes yang harus dilalui oleh calon taruna Poltekim serta kegiatan akademik dan non akademik taruna/taruni di Politeknik Imigrasi.

Taruna Politeknik Imigrasi saat melakukan Sosialisasi

Ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi seperti usia minimal 17 tahun dan maksimal 22 tahun, tinggi badan pria minimal 165 cm dan wanita minimal 158 cm, berat badan ideal, Pendidikan SLTA sederajat dengan nilai rata-rata ijazah 7,0. “Untuk persyaratan lengkap bisa dilihat di website catar.kemenkumham.go.id”, ujar Robin.

Selain persyaratan umum tersebut, peserta harus mempersiapkan mental dan fisik agar dapat diterima sebagai taruna/taruni Politeknik Imigrasi.

Rizal mengatakan, dia mempersiapkan diri sejak kelas 2 SMA. “Saya rutin melakukan push up, pull up, sit up, dan lari untuk meningkatkan kemampuan fisik agar dapat diterima di Politeknik Imigrasi”, lanjut Rizal.

Berbeda dengan Rizal, Depriyan mengatakan, sudah dua kali mencoba mengikuti tes masuk Politeknik Imigrasi, namun gagal. “Saya dua kali gagal masuk Politeknik Imigrasi, namun saya terus mencoba. Di percobaan yang ketiga, saya dinyatakan lulus dan akhirnya mimpi saya menjadi Taruna Politeknik Imigrasi terkabul, ujar Depriyan.

Sosialisasi tersebut diharapkan membuat masyarakat semakin mengenal dan tertarik untuk bergabung menjadi Taruna/Taruni Politeknik Imigrasi.

Editor: Ketut Satria Widasmara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s