Pelaksanaan Pengawasan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin

Halo sobat Mido Midi, ada yang sudah tahu belum kegiatan Pengawasan Keimigrasian ? kalau belum yuk mengenal bersama Mido Midi. Pengertian Pengawasan Keimigrasian sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pengawasan Keimigradian Pasal 1 ayat 2 adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan, mengolah, serta menyajikan data dan informasi Keimigrasian Warga Negara Indonesia dan Orang Asing dalam rangka memastikan dipatuhinya ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang Keimigrasian.

Pengawasan Keimigrasian merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi dari Imigrasi yaitu tugas penyelenggaraan Negara di bidang pelayanan dan perlindungan masyarakat, penegakan hukum Keimigrasian, serta fasilitator penunjang pembangunan ekonomi nasional, oleh karena itu Pengawasan Keimigrasian sangat penting dilaksanakan guna deteksi dini terhadap pelanggaran-pelanggaran Keimigrasian yang dilakukan baik oleh WNI maupun WNA.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin juga rutin melakukan kegiatan Pengawasan Keimigrasian loh, salah satunya pengawasan terhadap Orang Asing. Kegiatan pengawasan tersebut bertujuan untuk deteksi dan mencegah penyalahgunaan Izin Keimigrasian yang sudah diberikan, pengawasan Keimigrasian yang biasa dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin diantaranya menyasar ke beberapa Perusahaan yang menggunakan TKA (Tenaga Kerja Asing) maupun alat angkut Kapal berbendera asing yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin. Pengawasan terhadap Orang Asing tidak hanya dilakukan pada saat mereka masuk, tetapi juga selama mereka berada di wilayah Indonesia termasuk kegiatannya.

Pengawasan Keimigrasian mencakup penegakan hukum Keimigrasian, baik yang bersifat administratif maupun tindak pidana Keimigrasian. Berdasarkan kebijakan (selective policy) yang menjunjung tinggi nilai Hak Asasi Manusia, dimana mengatur didalamnya mengenai keluar masuknya Orang Asing. Demikian juga bagi Orang Asing yang sudah memperoleh Izin Tinggal di Indonesia harus sesuai dengan maksud dan tujuannya berada di Indonesia, berdasarkan kebijakan dimaksud serta dalam rangka melindungi kepentingan nasional hanya Orang Asing yang bermanfaat serta tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum diperbolehkan masuk dan berada di Wilayah Indonesia.

Nah sobat Mido Midi sekarang sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan pengawasan Keimigrasian, jadi selain pelayanan Paspor Imigrasi juga mempunyai tugas penegakan hukum melalui pengawasan Keimigrasian.

Editor : Anggoro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s