Mau Bikin Paspor? Ke Kanim Batulicin Aja!

Sobat midomidi, ada yang sudah pernah ke luar negeri? Bila belum, untuk bepergian ke luar negeri salah satu dokumen terpenting yang harus disiapkan adalah Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI) atau yang biasa disebut dengan Paspor.

Paspor itu sendiri merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada Warga Negara Indonesa (WNI) untuk melakukan perjalanan antar Negara yang berlaku selama jangka waktu tertentu.

Banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa saat ini proses permohonan pembuatan Paspor dapat dilakukan di seluruh wilayah Indonesia tanpa harus mengikuti domisili dengan cara mendaftar secara online menggunakan Aplikasi Layanan Paspor Online atau yang biasa disingkat APAPO. Kemudian, pemohon hanya tinggal datang ke kantor imigrasi (kanim) yang dipilih sesuai jadwal yang dikehendakinya.

Ketidaktahuan akan proses ini mengakibatkan beberapa kanim di Indonesia terjadi penumpukan pemohon Paspor, sehingga terkadang tidak mendapatkan nomor antrean di tanggal yang diinginkan dikarenakan kuota sudah penuh ataupun sulit diakses dengan keterangan kuota sudah penuh.

Khusus untuk warga Provinsi Kalimantan Selatan dan sekitarnya, apabila ingin mengajukan permohonan pembuatan Paspor tetapi tidak mendapatkan kuota antrean online, ajukan saja permohonan ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin yang beralamat di Jl. Dharma Praja, Kel. Gunung Tinggi, Kec. Batulicin, Kab. Tanah Bumbu, Prov. Kalimantan Selatan. Di Kanim Batulicin kuota untuk permohonan Paspor selalu tersedia karena volume pemohon tidak sebanyak di kanim-kanim yang berada di kota besar seperti Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, dll.

Persyaratan dalam pembuatan Paspor pun cukup mudah, ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan oleh Sobat midomido, antara lain :


Untuk dewasa :

  1. KTP-el;
  2. Kartu keluarga;
  3. Akte kelahiran, akte perkawinan/buku nikah, ijazah, atau surat baptis;
  4. Paspor lama bagi yang telah memiliki Paspor

Untuk anak dibawah umur :
  1. KTP-el orang tua;
  2. Kartu keluarga;
  3. Akte kelahiran atau surat baptis;
  4. Akte perkawinan/ buku nikah orang tua;
  5. Paspor lama bagi yang telah memiliki Paspor.


Namun bagi Sobat midomidi (dewasa) yang akan melakukan penggantian Paspor yang mana Paspor lamanya dikeluarkan diatas tahun 2009 cukup melampirkan KTP-el dan Paspor lama saja.

Sembari mengajukan permohonan pembuatan Paspor, Sobat midomidi juga bisa sambil berlibur, karena di Kabupaten Tanah Bumbu terkenal dengan pantai-pantainya yang sangat indah, salah satunya adalah Pantai Angsana. Pantai ini dikenal masyarakat terutama karena daya tarik khasnya yaitu snorkeling dan selam scuba. Bisa dibilang Pantai Angsana ini adalah Bunaken-nya Kalimantan Selatan karena Sobat midomidi dapat menikmati keindahan terumbu karang yang terletak tidak jauh dari pesisir pantainya. Pantai Angsana juga memiliki hamparan pasir putih kehitaman yang cukup menawan sehingga menjadi keindahan tersendiri bagi Sobat midomidi yang berkunjung ke sana.

IMG-20190717-WA0020.jpg
Pantai Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu

Apabila masih belum puas snorkeling di Pantai Angsana, Sobat midomidi bisa berkunjung ke Pulau Samber Gelap yang letaknya tidak jauh dari Kantor Imigrasi Batulicin atau tepatnya di Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru. Pantai di pulau ini memiliki pasir putih yang lembut dan gelombang yang tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk berenang ataupun berjemur. Di pulau ini juga terdapat konservasi penyu yang sangat wajib untuk di kunjungi apabila sedang liburan kesana.

IMG-20190717-WA0021.jpg
Pulau Samber Gelap, Kabupaten Kotabaru (sumber: HO/Disbudpar Kotabaru)

Sobat midomidi, siapa diantara Kamu yang belum pernah pergi ke tempat destinasi wisata tersebut? Kalau belum pernah dan ada rencana untuk berlibur, midomidi rekomendasikan untuk pergi ke sana bersama keluarga.

Jadi tunggu apa lagi? Dari pada nungguin dia yang tidak pasti, mending ke Kanim Batulicin aja yang sudah tentu pasti persyaratannya, pasti biayanya dan pasti waktu penyelesaiannya.

Editor : Dody Cindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s