Tingkatkan Sosialisasi, Kanim Batulicin Kunjungi Kantor Berita Antara

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin,  Gelora Nusantara, melakukan kunjungan ke Kantor Antara Kalimantan Selatan di Banjarmasin pada tanggal 15 Juli 2019. Kunjungan tersebut dalam rangka untuk meningkatkan sosialisasi keimigrasian agar Kantor Imigrasi Batulicin lebih dikenal oleh masyarakat.

Gelora mengatakan bahwa banyak masyarakat Kalimantan Selatan yang belum mengetahui bahwa di Kalimantan Selatan ada kantor imigrasi lain selain Kantor Imigrasi Banjarmasin. padahal ada Kantor Imigrasi Batulicin di Kabupaten Tanah Bumbu yang masih relatif tidak jauh jaraknya dari Kota Banjarmasin. Imigrasi Batulicin bisa menjadi alternatif tujuan pembuatan paspor bagi masyarakat di luar Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Banyak masyarakat mengira membuat paspor harus sesuai dengan domisili KTP, padahal sekarang membuat paspor dapat dilakukan di kantor imigrasi mana saja. Hal ini mungkin disebabkan kurangnya sosialisasi tentang peraturan tersebut sehingga kurang diketahui oleh masyarakat luas.

Rombongan di ruang redaksi LKBN Antara Kalsel

Kantor Imigrasi Batulicin giat menggunakan media sosial untuk melakukan sosialisasi keberadaan dan kegiatannya. Ditambah lagi, saat ini sudah ada  Website midomidi.com yang merupakan jurnalisme pegawai imigrasi sebagai alternatif informasi tentang kegiatan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin.

Website ini diharapkan dapat menimbulkan citra positif institusi imigrasi di tengah masyarakat melalui penyebaran berita-berita positif keimigrasian dengan melibatkan seluruh pegawai Kantor Imigrasi Batulicin sebagai kontributor berita.

“Para pegawai harus diberdayakan agar bisa menjadi PR (public relation) bagi imigrasi, bagaimana caranya? melalui media sosial harus mempromosikan tentang keimigrasian, tapi kita perlu memberikan kemampuan kepada mereka bagaimana mengambil sebuah informasi agar menjadi informasi yang menarik, dari informasi biasa menjadi informasi yang bernilai berita.” Kata Gelora.

Kepala Biro Antara Kalimantan Selatan, Aulia Badar, mengatakan siap untuk bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Batulicin untuk memberikan pelatihan-pelatihan jurnalistik.

“Kami siap melatih tenaga-tenaga imigrasi untuk menjadi jurnalis.” tuturnya.

Editor: G. Nusa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s