Informasi kegiatan Kanim Batulicin: Berikut daftar Media Sosial Resminya

Pada saat ini hampir seluruh lembaga pemerintah telah menggunakan satu atau lebih media sosial sebagai salah satu sarana komunikasi kehumasan.

Media sosial terbukti mampu melibatkan masyarakat secara aktif dan menjaring masukan dari berbagai kalangan guna peningkatan pelayanan publik.

Kehadiran media sosial telah menambah sarana penyebaran informasi, opini publik, dinamika percakapan dan diskusi. Bahkan media sosial telah mengubah perilaku dan gaya hidup masyarakat, khususnya di wilayah-wilayah yang telah terjangkau infrastruktur komunikasi dan informatika.

Penggunaan dan pemanfaatan media sosial merupakan salah satu cara dalam mempromosikan serta menyebarluaskan program dan kebijakan pemerintah serta berinteraksi dan menyerap aspirasi masyarakat sehingga mencapai saling pengertian untuk kepentingan bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Namun, apabila tidak dikelola dengan baik dan bijak, penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi kehumasan dapat membawa dampak negatif. Berbagai masukan dan komentar, baik positif maupun negatif, bisa masuk tanpa dapat dikendalikan sehingga mempengaruhi citra lembaga.

Oleh karena itu Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin (Kanim Batulicin) juga merasa perlu untuk mensosialisasikna akun resmi media sosial miliknya.

Hal ini mengingat banyak akun-akun yang mengatasnamakan instansi pemerintah padahal sebenarnya bukan akun resmi lembaga yang bersangkutan, melainkan akun individu pegawai atau pihak yang berafiliasi dengan lembaga tersebut.

Apabila penggunaan media sosial yang mengatasnamakan instansi tidak disertai aturan dan pengendalian yang tegas dan mengikat serta pengelolaan yang profesional, maka hal ini dapat mengakibatkan ketidakjelasan pesan dan kebingungan di masyarakat. Hal ini tentunya berdampak negatif bagi instansi yang bersangkutan, pada khususnya, dan pemerintah pada umumnya.

Sebaliknya, apabila penggunaan media sosial diawali dengan pengertian dan pemahaman yang lengkap, pengaturan yang tepat, serta pengelolaan yang baik akan diperoleh manfaat dari penggunaan media sosial di instansi pemerintah.

Adapun akun-akun resmi Kanim Batulicin adalah sebagai berikut:

– Facebook “imigrasibatulicin

– Instagram “imigrasibatulicin

– Twitter “kanimbatulicin

– Website “https://batulicin.imigrasi.go.id

Informasi tentang akun-akun resmi Kanim Batulicin tersebut diharapkan dapat memberikan kejelasan dan kepastian informasi bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan keimigrasian khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Selanjutnya, masyarakat diharapkan untuk tidak menanggapi ataupun termakan informasi yang tidak benar dari akun-akun media sosial yang mengatas namakan Kanim Batulicin.

Editor: G. Nusa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s