Praktek Clearance Kapal di TPI Kotabaru bagi Taruna Poltekim

Taruna Poltekim tingkat II yang saat ini sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin melakukan praktek celarance kapal di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kotabaru.

Kegiatan clearance keimigrasian di atas kapal merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin yang membawahi TPI Kotabaru di Kabupaten Kotabaru.

Taruna Poltekim dan staf Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin di atas kapal MV America Graeca

Pada kesempatan ini para Taruna beserta staf Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin melakukan clearance pada Kapal MV America Graeca asal Kepulauan Marshall di Pelabuhan Tanjung Pemancingan, Kabupaten Kotabaru, Selasa, 02 Juli 2019.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas imigrasi diketahui bahwa crew Kapal MV America Graeca berjumlah 20 orang yang terdiri dari 18 orang warga negara Filipina dan 2 orang warga negara Yunani. Kapal MV America Graeca ini sebelumnya berlayar dari Manila, Filipina dan akan melanjutkan perjalanan menuju China.

Kegiatan ini rutin dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan pengawasan terhadap lalu lintas orang yang keluar masuk wilayah Indonesia khususnya melalui perairan Kotabaru.

Statistik perlintasan di TPI Kotabaru

Perlintasan di TPI kotabaru setiap tahunnya menunjukkan trend peningkatan. Hal ini merupakan tantangan bagi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin dalam memberikan pelayanan bagi crew kapal baik WNI maupun WNA yang melintas di TPI Kotabaru dan sekaligus juga dalam hal pengawasan crew WNA tersebut selama berada di wilayah kerja TPI Kotabaru.

Editor: Gelora Nusantara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s