Kemampuan Bersinergi dan Upaya Edukasi Masyarakat disoroti dalam Rakor dan Evaluasi Target Kinerja Ditjen Imigrasi TA 2019

Hari ini, Jumat 28 Juni 2019, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin, Gelora Nusantara menghadiri Rapat Koordinasi dan Evaluasi Target Kinerja Direktorat Jenderal Imigrasi Tahun 2019, bertempat di Aula Lantai 12 Gedung Imigrasi (Ex. Sentra Mulia) Kuningan, Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala divisi keimigrasian dan kepala kantor imigrasi seluruh Indonesia.

Dirjen Imigrasi memberikan pengarahan dalam rakor evaluasi target kinerja Ditjenim TA 2019

Rapat dimulai dengan penyampaian laporan oleh Sekretaris Ditjen Imigrasi, Bapak Maryoto Sumadi dan dilanjutkan dengan Paparan tentang Target Kinerja oleh Kepala Bagian Pemantauan dan Analisis Pelaporan, Biro Perencanaan Setjen Kemenkumham, Bpk Achmad Bramantyo.

Pada paparannya, beliau menyampaikan beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pencapaian target kinerja divisi keimigrasian, terutama peran penting kepala divisi keimigrasian dalam melakukan pengawasan pelaksanaan riil kinerja setiap satuan kerja di wilayah kerjanya. Salah satunya ialah mendorong publikasi dari kegiatan yang dilakukan setiap satker guna meningkatkan citra positif imigrasi di masyarakat. Selain itu, publikasi ini juga ditujukan untuk melakukan proses edukasi kepada masyarakat sebagai langkah untuk pencegahan terjadinya pelanggaran keimigrasian. Juga, dengan pemberian informasi yang tepat secara luas, diharapkan masyarakat lebih lancar dalam kegiatan permohonan layanan keimigrasian.

Pada kesempatan ini, Direktur Jenderal Imigrasi, Bpk Ronny F. Sompie juga memberikan pengarahan yang menegaskan bahwa setiap pelaksanaan target kinerja tidak hanya mengutamakan output, tapi juga harus memperhatikan outcome. Terutama dalam proses pengawasan orang asing dan penegakan hukum keimigrasian, tidak hanya fokus pada jumlah tindakan penegakan hukum saja, tapi apakah upaya penegakan hukum keimigrasian yang dilakukan sudah berhasil menurunkan jumlah pelanggaran keimigrasian di masyarakat.

Diskusi panel

Rakor selanjutnya juga diisi dengan kegiatan diskusi panel dengan narasumber Sekretaris Ditjen Imigrasi dan Direktur di lingkungan Ditjen Imigrasi. Sementara sebagai penanggap adalah Analis Keimigrasian Utama, Bpk. Sulistiarso dan Direktur Jenderal Imigrasi, Bpk. Ronny F. Sompie.

Pada kesempatan diskusi ini juga disampaikan beberapa perkembangan dalam layanan keimigrasian yaitu proses restrukturisasi sistem informasi manajemen keimigrasian yang saat ini tengah berlangsung proses migrasi SIMKIM Versi 1 menuju Versi 2. Selain itu juga di paparkan rencana perluasan layanan penerbitan paspor elektronik di 18 kantor imigrasi ( Medan, Ngurah Rai, Manado, Balikpapan, Malang, Surakarta, Tanjung Perak, Makassar, Polonia, Tangerang, Bandung, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Banda Aceh, Jayapura, Depok dan Bekasi), menambah dari 9 kantor imigrasi yang telah melayani penerbitan paspor elektronik sebelumnya (Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Tanjung Priok, Soekarno-Hatta, Batam dan Surabaya), sehingga total berjumlah 27 kantor imigrasi.

Pada tanggapannya Bpk Sulistiarso menegaskan perlunya kemampuan koordinasi/sinergi yang mumpuni dari para kepala divisi keimigrasian kepada stakeholder di wilayah untuk penguatan fungsi keimigrasian. Selain itu juga menegaskan perlunya untuk melakukan edukasi kepada masyarakat melalui bekerja sama dengan seluruh pihak terkait.

Selanjutnya, pada tanggapannya Dirjen Imigrasi menegaskan agar para kepala divisi dan kepala satker memperhatikan pelaksanaan pemenuhan target kinerja sepanjang 2019, dan mempersiapkan pembuatan rencana strategis/renstra Ditjen Imigrasi 2020-2024 sebelum Oktober 2019 sehingga dapat dituangkan kepada pembuatan Rencana Kerja dan target kinerja 2020 yang lebih baik.

Khusus untuk Kantor Imigrasi kelas II TPI Batulicin sampai dengan akhir Juni 2019, untuk pelaporan B06 telah melakukan penyerapan anggaran sebesar 51,99% dengan penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran per Juni 2019 adalah 90.78.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s