Internalisasi SOP Guna Maksimalisasi Fungsi Pengawasan

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin yang diwakili oleh Kepala Sub Seksi Pengawasan Keimigrasian, Bapak Tedy Wibisono dan Kepala Urusan Kepegawaian, Bapak Hermanto, menghadiri Rapat Internalisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Pemerintah Intelijen Keimigrasian yang bertempat di Aula Kantor Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan pada hari Kamis, 27 Juni 2019.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Bapak Dr. Ferdinan Siagian, S.H.,M.M. Dalam Sambutannya, Beliau menghimbau sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bekerja sebaik mungkin dan selalu mengutamakan integritas.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang SOP Administrasi Pemerintah Intelijen Keimigrasian oleh Analis Keimigrasian Madya pada Direktorat Intelijen Keimigrasian, Bapak Sobari.

“Dalam hal intelijen, ditekankan agar sebagai intelijen harus kaya akan informasi dan memiliki informasi yang valid. Fokus utama pada kita yaitu lebih memaksimalkan fungsi daripada pengawasan keimigrasian, dengan terbentuknya Tim Pengasawan Orang Asing (TIMPORA) pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) juga diharapkan mampu membantu dalam tugas intelijen keimigrasian.”

Pengenalan Aplikasi Laporan Harian Intelijen

Selanjutnya materi Laporan Harian Intelijen (LHI) diisi oleh Kepala Seksi Pengamanan Personil, Material dan Dokumen pada Direktorat Intelijen Keimigrasian, Bapak Sahroni, di mana LHI akan di-launching pada appstore dengan estimasi waktu 2 minggu kemudian dan diharapkan operator LHI agar memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menginformasikan masalah-masalah aktual serta isu-isu yang ada di wilayah kerja UPT.

Agenda rapat selanjutnya adalah pemberian materi Kepatuhan Internal oleh Analis kepegawaian Pertama pada Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Bapak Yudistia Iskandar. Beliau menjelaskan peraturan-peraturan serta sanksi-sanksi kedisiplinan pegawai. Di akhir sesinya, Yudistira mengingatkan seluruh pegawai dapat senantiasa menaati peraturan-peraturan agar terhindar dari segala sanksi kedisiplinan pegawai.

Editor: Gelora Nusantara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s